Tips Singkat Memilih Layanan Web Hosting

Saat ini banyak tersedia jasa layanan web hosting yang tersedia, dan bagi banyak calon pengguna adalah suatu keuntungan, karena bisa memilih layanan yang sesuai kebutuhan.

Kali ini maxsenses.com akan memberikan sedikit informasi dan tips untuk memilih layanan web hosting.

Disk Space

Disk Space adalah besar kapasitas penyimpanan di server, jika Anda memiliki jumlah file yang banyak, maka perhatikan bagian ini. Saat ini banyak sekali layanan hosting yang memberikan pilihan disk space beragam, mulai yang menyediakan disk space dibawah 1 GB, 2GB, 5GB dan seterusnya.

Pilih sesuai kebutuhan Anda, dan untuk memulai sebuah website berbasis wordpress dan jika Anda lumayan aktif dalam menulis dan meng-upload konten, ada baiknya memilih kapasitas minimal 2GB atau 5GB untuk diawal.

Ada juga layanan web hosting yang memberikan paket unlimited space*, dalam hal ini unlimited space tapi tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Misal unlimited space tapi dibatasi dengan node (jumlah file yang di hostingkan) maksimal 250.000 dan seterusnya.

Bandwith

Pilih juga bandwith yang pas untuk Anda. Bandwidth adalah besarnya hitungan transfer data antara server hosting dengan komputer yang mengakses file /website Anda. Semakin banyak pengakses /visitor website maka bandwith akan semakin besar. Kebanyakan pihak penyedia layanan hosting menawarkan bandwidth unlimited yang artinya bukan benar-benar unlimited namun lebih kepada dapat digunakan selama batas limit sebuah server.

Webmail

Webmail adalah fitur untuk mengelola email menggunakan domain Anda. Anda bisa menggunakan nama@namadomain.com sesuai kebutuhan, dalam hal ini biasanya penyedia layanan hosting tidak membatasi jumlah email akun yang akan di buat, yang membatasi adalah disk space nya itu sendiri.

Atau alternatifnya, bisa menggunakan mail hosting gratis seperti zoho, yandex dan lain-lain. Tapi tentunya versi gratis nya ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Control Panel

Biasanya, control panel pada layanan web hosting shared menggunakan cPanel. Dengan menggunakan cPanel ini, Anda akan dengan mudah mengelola isi web hosting. Mulai dari management file dengan file manager, kelola email, kelola database dan lain-lain.

Data Center

Data Center adalah lokasi dimana infratrustur server ditempatkan, tersedia banyak pilihan tentunya. Anda bisa memilih data center dengan lokasi terdekat calon pengguna /visitor website Anda. Walaupun kadang kala dengan menggunakan data center yang paling dekat juga belum tentu menghasilkan loadspeed yang optimal dibandingkan dengan data center lokasi yang lebih jauh.

Kualitas dan konfigurasi server sangat mempengaruhi hal ini.

Support

Yang terakhir adalah support, pastikan layanan web hosting memiliki support yang responsive untuk kebutuhan Anda, jangan sampai Anda hanya di layani oleh outo reply dari support system. Karena akan sangat tidak menyenangkan jika website Anda tidak bisa di akses, dan ketika minta support yang menjawab support Anda adalah sebuah email notifikasi dari auto reply sistem.

 

Tips Singkat Memilih Layanan Web Hosting
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *