Hosting Unlimited! Benarkah?

Mendengar kata Unlimited tentunya menggiurkan, bagaimana tidak, dengan tagline unlimited Anda akan mendapatkan resource tak terbatas.

Menyenangkan bukan? tapi coba kita lihat beberapa hal yang berkaitan dengan hosting unlimited yang sering dijadikan marketing campaign sebuah penyedia layanan hosting.

Hosting Unlimited Disk Space

Ini menggiurkan bukan, tapi sebelumnya coba Anda baca terlebih dahulu syarat unlimited yang diberikan layanan hosting tersebut. Biasanya ada beberapa aturan untuk membatasi penggunaannya misalkan, Unlimited tapi setiap file tidak lebih dari 50MB, Unlimited Space tapi tidak lebih dari 50.000 file per akun dan seterusnya.

Hosting Unlimited Email Account

Ini juga menarik, jika menggunakan control panel misalkan cPanel, Anda bisa membuat akun email sebanyak-banyaknya tanpa dibatasi berapa jumlah akun yang akan dibuat. Tapi tentunya ini berkaitan dengan poin pertama ya, unlimited dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Hosting Unlimited Database

Dengan web hosting unlimited, Anda bisa membuat database sebanyak-banyaknya. Dalam hal ini berarti Anda bisa mempunyai banyak instalasi website misal dengan wordpress, joomla, open cart dan lain-lain dalam satu wadah. Tetap jadi acuan adalah berapa banyak disk space yang Anda gunakan? berapa banyak file yang akan Anda hostingkan? dan banyak terms lain yang akhirnya tagline “unlimited” yang Anda pilih tidak banyak membantu.

Hosting Unlimited Bandwith

Sama halnya dengan poin-poin diatas, dalam urusan bandwith mungkin penyedia layanan hosting memiliki bandwith dalam skala yang besar. Misal memiliki bandwith dalam ukuran terabyte (ribuan gigabyte) yang membuat layanan hosting ini memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menggunakan bandwith server itu tanpa perlu dihitung berapa jumlah bandwith yang digunakan.

Kesimpulan

Beberapa poin diatas diambil dari pengalaman pribadi penulis, mungkin tidak semua benar dan berlaku bagi penyedia layanan hosting unlimited. Pastikan Anda membaca TOS (Terms of Services) sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan dengan tagline “unlimited“.

Hosting Unlimited! Benarkah?
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *